Pages

Cara Membuat Biogas

Cara membuat reaktor biogas

Berikut saya ingin memberikan informasi tentang pembuatan reaktor biogas sederhana untuk skala rumah tangga. Jangan perhatikan gambarnya yang rumit karena sesungguhnya membuat reaktor biogas itu sederhana mirip seperti pembuatan septic tank alias tempat e'ek. Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari membuat reaktor biogas ini dari segi ekonomi maupun lingkungan yang akan dijelaskan dibawah.

Berikut persiapan yang perlu disiapkan. Ya iyalaah!!

1.    Volume reaktor (plastik): 4.000 liter. 
2.    Volume penampung gas (plastik): 2.500 liter.
3.    Drum untuk mengaduk bahan: 1 buah.
4.    Pengaman gas: 1 buah.
5.    Kompor Biogas: 1 buah.
6.    Selang untuk saluran gas: kurang lebih 10 m disesuaikan dengan jarak ke dapur.
7.    Kebutuhan bahan baku biogas: kotoran ternak dari 2-3 ekor sapi/ kerbau, atau 6 ekor babi.
8.    Biogas yang dihasilkan: 4 m3 per hari (setara dengan 2,5 liter minyak tanah).

 Persiapan Pemasangan Reaktor Biogas 

1. Pembuatan lubang reaktor dengan panjang 4 m, lebar  1,1 m, dan kedalaman  1,2 m.
2. Pembuatan meja tabung plastik penampung gas  dengan diameter 1,2 m, panjang 3 m, dan lebar 1,2m.
3. Kotoran sapi atau ternak awal sebanyak 100 karung kantong semen atau karung seukurannya(100 kantong semen = 2000 lt). Persiapan awal ini untuk mempercepat produksi gas yang siap untuk digunakan (dinyalakan).
4. Drum untuk tempat pencampuran kotoran (fases) dengan air (1:1) ; 1 buah (200 liter)
5. Karung untuk tempat sisa kotoran dari proses produksi biogas
5. Kayu atau bambu untuk membuat pagar, supaya reaktor aman dari gangguan ternak atau lainnya.
6. Terpal dan bahan lainnya yang cukup kuat untuk melindungi atap reaktor supaya terhindar dari hujan atau material yang jatuh dari atas

 Cara menggunakan reaktor biogas skala rumah tangga

1. Pertama, buat campuran kotoran ternak misalnya sapi, kambing, cicak kalo anda orang yang greget dan air dengan perbandingan 1 : 1 (bahan biogas).
2. Kemudian masukkan bahan biogas ke dalam reaktor melalui tempat pengisian sebanyak 2000 liter, selanjutnya akan berlangsung proses produksi biogas di dalam reaktor. Biarkan sampai kurang lebih 10 hari, reaktor biogas dan penampung biogas akan terlihat menggembung dan mengeras karena adanya biogas yang dihasilkan. Biogas sudah dapat digunakan sebagai bahan bakar, kompor biogas dapat digunakan.
3. Sekali-sekali reaktor biogas digoncang-goncang supaya penguraian terjadi secara sempurna dan gas yang mengendap di bagian bawah jadi naik ke atas, lakukan hal yang sama pada setiap pengisian reaktor.
4. Pengisian bahan biogas selanjutnya dapat dilakukan setiap hari, yaitu sebanyak kurang lebih 40 liter setiap pagi dan sore hari. Sisa pengolahan bahan biogas berupa sludge atau lumpur secara otomatis akan keluar dari reaktor setiap kali dilakukan pengisian bahan biogas dan baunya agak tidak sedap. Sisa hasil pengolahan bahan biogas yang berupa lumpur tersebut dapat digunakan langsung sebagai pupuk organik, baik dalam keadaan basah maupun kering.

 Cara memelihara dan merawat reaktor biogas

1. Hindarkan reaktor dari jangkauan anak-anak, tangan setan tangan jahil, ataupun dari ternak yang dapat merusak reaktor dengan cara memberi pagar jika bisa pagarnya dialiri listrik bertegangan tinggi dan beri atap dari terpal atau sesuatu yang kuat dan awet supaya air tidak masuk ke dalam galian reaktor.
2. Isilah selalu pengaman gas dengan air sampai penuh. Jangan biarkan sampai kosong karena gas yang dihasilkan akan terbuang melalui pengaman gas
3. Apabila reaktor tampak mengencang karena adanya gas tetapi gas tidak mengisi penampung gas, maka luruskan selang dari pengaman gas sampai reaktor, karena uap air yang ada di dalam selang dapat menghambat gas mengalir ke penampung gas. Lakukan hal tersebut sebagai pengecekan rutin.
4. Cegah air masuk ke dalam reaktor dengan menutup tempat pengisian disaat tidak ada pengisian reaktor.
5. Berikan pemberat di atas penampung gas (misalnya dengan karung-karung bekas) supaya mendapatkan tekanan di saat pemakaian.
Bersihkan kompor dari kotoran saat memasak ataupun minyak yang menempel.

Manfaat Reaktor Biogas Skala Rumah Tangga dari segi lingkungan

1. Reaktor biogas mampu menghasilkan kompos(pupuk organik) yang sangat berkualitas dan dapat langsung digunakan pada lahan/usaha budidaya pertanian.
2. Secara tidak langsung anda sudah berusaha menyelamatkan dunia dari polusi dan efek rumah kaca.

Manfaat Reaktor Biogas Skala Rumah Tangga dari segi keuangan
1. Hemat bahan bakar gas
2. Harganya cukup terjangkau sekitar dua setengah juta rupiah sudah termasuk pemasangan dan satu unit kompor biogasnya
3. Material yang digunakan sangat awey kuat dan tahan lama sampai 6 tahun.
4. Perawatan dan penggunaan tergolong mudah.

Follow by Email