Pages

Cara Gampang Pasang Footer Di Blog


Masuk akun blogger
2. Pilih template > HTML
3. Copas kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin>
#footernya-hijack{width:100%;background:#111 url(http://3.bp.blogspot.com/-XH2hBNMtXBA/U6_EpW3r0gI/AAAAAAAAAJk/mQFHapyZWj8/s1600/footer.jpg) repeat-x top;margin:0 auto;text-align:left;border-top:7px solid #1658A0;overflow:hidden}
#footernya-hijack a{color:#9c9c9c}
#footer-inners{overflow:hidden;padding:10px 20px}
.footer .widget{padding:0 1px}
.footer .widget-content{padding:0}
.footer li{list-style:none;border-bottom:1px dotted #666;padding:3px 0}
.footer h4{font-size:150%;font-weight:400;color:#fff;font-family:Oswald,Arial,Sans-serif;text-transform:uppercase;padding-bottom:10px}
#footer-left{width:34.5%;float:left;overflow:hidden}
#footer-right{float:right;width:64.5%;overflow:hidden}
@media only screen and (max-width:700px){
.footer{width:100%!important;float:none!important}
}
4. Copas kode di bawah ini tepat di atas kode </body>
<div class='clear'/>
<footer id='footernya-hijack'>
<b:section class='footer' id='footer-left' showaddelement='yes'/>
<b:section class='footer' id='footer-right' showaddelement='yes'/>
</footer> 
5. Save template
6. Pilih tata letak > add gadget (tambahkan gadget) > buat dua gadget baru
7. Selesai

Cakrawala


" Kita semua hidup dibawah langit yang sama, tetapi tidak semua orang memiliki cakrawala yang sama " ( Konrad Adenaur )

Alkisah, seorang murid datang kepada gurunya dengan kesedihan yang mendalam karena kegagalan yang dialaminya. Dengan tersedu-sedu sang murid mulai curhat kepada sang guru. Seusai sedu sedan sang murid mulai mereda, sang guru mengambil segelas air dan meminta sang murid memasukkan satu sendok garam ke dalam gelas, lalu mengaduknya. Kemudian sang guru meminta muridnya untuk mencicipi air dalam gelas tersebut. " Asin" kata sang murid. Kemudian sang guru mengajak muridnya menuju ke danau air tawar yang jernih. Sesendok garam delemparkan sang guru ke danau. Sang murid diminta untuk mencicipi air danau itu. Kali ini tidak ada rasa asin sama sekali. Sang guru kemudian menyampaikan pesan bahwa gelas yang sempit dan danau yang luas ibarat cakrawala seseorang dalam memandang kehidupan. Melukiskan kehidupan hanya dalam bentuk gelas (yang sempit) adalah suatu kesempitan yang membuat hidup jadi merana dengan kesedihan yang berkepanjangan. Kegagalan atau kekalahan dalam suatu hal diartikan sebagai kegagalan dalam hidup, yang akan membuat dunia runtuh. Kegagalan merupakan suatu hal yang amat manusiawi. Bila kita mensikapi suatu kegagalan dengan cakrawala yang luas ( seperti menuang garam ke dalam danau ), maka kita akan menemukan bahwa kegagalan adalah ibu dari kesabaran. Bila kearifan kita telah sampai kepada cakrawala bahwa kehidupan adalah samudera yang luas, yang kerap kali terpercik sejumput garam (kegagalan atau kekalahan) yang tidak dapat dihindari, maka kita akan menemukan kebahagiaan yang tiada putusnya dalam kehidupan kita.

Cakrawala adalah gambar yang ada dalam pikiran kita dalam memandang dunia di luar diri kita. Gede Prama dengan apik mengungkapkan, "the blueprint of life is found within our mind". Luas atau sempitnya "gambar" itu akan sangat berpengaruh terhadap "life wisdom" kita, yang bermuara pada kecerdasan untuk berbahagia. Dalam kondisi kondisi tertentu, gambar itu akan berperan sebagai "kompas" yang memandu kita dalam menentukan posisi dan orientasi perjalanan hidup kita.

Presiden Amerika Serikat, Harry Truman, memiliki kebiasaan yang unik, namun mengesankan. Kebiasaan ini berkaitan dengan cakrawala hidup dan perilaku rendah hati yang dimilikinya. Seusai acara-acara makan malam dengan para tamunya, Truman biasanya mengajak para tamu untuk berjalan-jalan dan berbincang-bincang di halaman luar. Sembari menatap langit yang ditaburi bintang, Truman berucap, "Demikian besar bumi dan tata surya planet ini, ya. Dan, betapa kecilnya kita..."

Kehidupan adalah siklus perjalanan yang terjal, naik turun, dan berkelok-kelok yang tidak dapat diperkirakan. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin, mengharapkan yang terbaik, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal hal buruk yang mungkin terjadi...

Ada tiga hal yang wajib kita lakukan untuk survive dan memaknai kehidupan, yaitu Change, Learn, and Grow

Cara Gampang Menulis Artikel Yang baik Dan menarik

bisa di bilang gampang – gampang susah. Dalam dunia blogger, artikel yang menarik menjadi sumber kekuatan dari blog itu sendiri. Konsep dasar untuk membuat artikel di blog yang menarik diantaranya adalah Riset kata kunci, Kerangka Artikel, Memahami isi artikel, Perbanyak referensi, Optimasi SEO, Bahasa penulisan artikel, dan Susunan paragraf.
Tujuan utama membuat artikel yang menarik adalah agar supaya calon pembaca maupun pembaca tertarik dan merasa nyaman pada saat membaca. Semakin tinggi traffik blog maka akan semakin bagus dimata mesin pencari google sehingga dapat mendorong blog berada di nomer 1.Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Menarik

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Menarik

  • Riset kata kunci

Riset kata kunci atau Riset keyword merupakan salah satu bagian dalam strategi pengoptimalan mesin pencari atau SEO. Kenapa harus riset kata kunci ? ya karena untuk mencari kata kunci yang sering diketikan orang di google. Setelah mendapatkan kata kunci selanjutnya meletakan atau menggunakan kata kunci tersebut pada bagian Judul artikel, usahakan kata kunci berada pada awal kata judul artikel. Penempatan kata kunci berikutnya pada isi artikel, penempatan kata kunci pada isi artikel juga di usahakan pada awal paragrap. Namun penggunaan kata kunci dalam membuat artikel harus pada jumlah yang normal tidak berlebihan. Apabila berlebihan maka bisa dianggap spam atau sampah oleh google engine. Selanjutnya letakan kata kunci pada meta description, kenapa? karena meta description dapat membantu CTR atau rasio klik tayang blog pada mesin pencari. Untuk melakukan riset kata kunci silahkan klik disini.
  • Kerangka artikel

Kerangka artikel sangat di butuhkan dalam pembuatan artikel, tujuanya adalah selain mempermudah juga dapat membantu penulisan artikel selesai sesuai target. Untuk itu, sebelum membuat artikel buatlah Draft kerangka artikel terlebih dahulu. Ambil poin – poin penting materi yang akan di bahas baru kemudian di kembangkan menjadi sebuah artikel.
  • Memahami isi artikel

Untuk menghasilkan artikel yang menarik, penulis harus memahami dan mendalami isi artikel secara luas. Karena target setelah menulis artikel adalah isi yang lengkap dan mudah di pahami oleh pembaca atau pengunjung blog. Artikel yang kita buat harus dapat memberikan informasi ataupun solusi yang tepat.
  • Perbanyak referensi

Referensi sangat di perlukan untuk menambah pengetahuan atau ide baru sehingga artikel yang di buat menjadi lebih berkualitas. Referensi bisa bersumber dari manapun, bisa media sosial maupun buku.
  • Optimasi SEO

Tata cara membuat artikel yang baik selanjutnya yaitu selalu melibatkan SEO, baik itu SEO on page maupun SEO off page.
  • Bahasa penulisan artikel

Cara Penulisan Artikel harus menggunakan kata yang baik, sopan, sehingga nyaman pada saat di baca. Jumlah kata dalam satu kalimat harus diperhatikan.
  • Susunan paragraf

Cara menulis artikel di blog yang baik adalah memiliki paragraf. Jangan buat pembaca jenuh dengan tulisan panjang yang seolah – olah tidak ada batasnya. Selain itu Paragraf juga mempunyai pengaruh terhadap SEO.

Cara Gampang Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

Cara melihat pengunjung Blog perhari. Visitor atau istilahnya pengunjung blog/website merupakan suatu bagian hal yang penting bagi kita untuk menjadi acuan seberapa sukses blog/website kita dikenal publik maupun pengunjung, tak lepas dari itu semua sebuah blog/website sebagus dan sebesar apapun jika tidak ada visitor atau pengunjung yang melihatnya pasti akan hampa serta hambar.


Terkadang kita sendiri ingin sekali melihat berapa visitor atau pengunjung blog/website kita perhari, per minggu, per bulan, berapa tampilan halaman blog/website kita tampil, dan seberapa sukses blog/website yang telah kita kelola selama ini, selain itu kita juga bisa melihat seberapa banyak visitor atau pengunjung dari blog lain.


Untuk melihat jumlah pengunjung blog/website kita maka kita wajib memasang widget serta kode yang disediakan oleh pihak pelacak blog/website kita tersebut. Dan disini saya akan berbagi informasi mengenai tools yang bisa kita gunakan untuk melihat jumlah visitor atau pengunjung blog kita.



1. Google Analytics.

Google Analytics merupakan milik resmi dari google, dengan Google Analytics ini kita bisa melihat laporan serta berapa jumlah pengunjung blog kita secara real time, kita juga bisa melihat kata kunci yang masuk ke blog kita tiap harinya serta sangat akurat. Google Analytics ini adalah layanan yang paling komplit dan terpercaya dan untuk yang ingin menggunakan layanan Google Analytics bisa kunjungi http://www.google.com/analytics/




2. Histats.

Histats merupakan layanan dan tracking pengunjung blog yang mana memiliki kelebihan tersendiri dengan Histats ini kita bisa melihat IP dari pengunjung blog/website kita. Mungkin bagi seorang blogger Histats ini tidak asing lagi karena telah banyak yang memasang serta menggunakan layanan Histats ini untuk mengetahui keseluruhan pelaporan data pengunjung blog.
 http://www.histats.com




3. Extreme Tracking.

Extreme Tracking adalah salah satu pelacakan dan pelaporan data pengunjung blog yang handal serta terpercaya, Extreme Tracking ini juga yang sampai saat ini masih saya gunakan sebagai titik focus keakurantan pengunjung blog saya ini, dengan berbagai fitur serta layanan yang disediakan membuat saya yakin untuk melihat serta survei terhadap pengunjung blog saya ini baik dari kata kunci, ip pengunjung, jumlah pengunjung perjam, perhari, perbulan, dan masih banyak lagi.
http://www.extremetracking.com/






Untuk melihat jumlah pengunjung blog sebenarnya masih banyak layanan yang bisa kita gunakan untuk melihat dan mengetahui jumlah visitor maupun pengunjung blog kita. Dan demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara melihat visitor blog dengan mudah semoga bermanfaat untuk kita semua

Cara Gampang Supaya Blog SEO On Page

SEO On Page pada dasarnya merupakan sebuah cara yang bisa membuat halaman website menjadi lebih SEO Friendly. SEO Friendly adalah sebuah istilah dimana suatu halaman dapat diindex (direcord/direkam) dengan mudah oleh google, agar muncul dihalaman utama google, pastinya ketika halaman website tersebut sudah memenuhi kriteria Seo On Page.

Banyaknya platform yang digunakan dalam membuat website menjadikan semakin banyak pula cara dalam melakukan SEO On Page. sebagai contoh anggaplah platform yang kita gunakan adalah Wordpress, Blogspot, maka untuk melakukan SEO On Page yang paling baik sejauh pengalaman saya adalah menggunakan plugin All In One SEO Pack, plugin ini tidak hanya bisa dilakukan di wordpress namun juga Anda bisa melakukannya pada Blogspot. Untuk Anda yang menggunakan platform lain atau membuat website menggunakan bahasa pemrograman mandiri php & mysql silahkan menyesuaikan. Sebelum mengaplikasikannya ke dalam wordpress / blogspot / maupun website dengan platform lain, perlu Anda ketahui satu demi satu SEO On Page yang harus dilakukan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan score SEO On Page agar menjadi 100% tidak lepas dari 15 point berikut ini :

1. Judul Artikel (Title) harus mengandung keyword 
Judul Artikel merupakan hal yang sangat vital dalam SEO, dan juga merupakan hal yang teramat vital dalam menarik pengunjung untuk datang lalu membacanya. Sehingga pembuatan judul artikel selain harus mengandung keyword yang ditargetkan, haruslah betul-betul mampu menarik emosi dari para pembacanya. Entah itu emosi yang langsung membuat penasaran, senang, gembira dan tertawa, sedih, maupun kesal dan marah. Usahakan di awal kata sudah mengandung keyword. Karena kita sebelumnya bereksperimen dengan keyword madu, lalu menghasilkan kata manfaat madu, khasiat madu dan lain-lain maka judul pun harus memicu rasa penasaran orang, misalkan "Manfaat Madu Mencegah Penyakit Akut Mematikan!" atau misalkan "Khasiat + Manfaat Madu Memperpanjang Usia". Atau yang lebih ekstrem lagi "Manfaat Madu Membuat Wajah Ganteng".

2. Keyword muncul di awal kalimat paragraph pertama
Dalam hasil eksperimennya terhadap algoritma googlebot, SEO Pressor akhirnya membuat sebuah kesimpulan bahwa keyword harus muncul pada awal kalimat paragraf pertama dari suatu artikel. Tidak harus benar-benar kata pertama di awal kalimat, namun diusahakan keyword di letakkan pada awal kalimat di paragraf pertama dari sebuah artikel.

3. 10 kata pertama mengandung keyword. 
Kalau memang keyword itu tidak bisa diletakan di kata pertama, maka di usahakan keyword muncul di sepuluh kata pertama. Mengapa seperti itu? karena pada faktanya ketika Anda mencari sesuatu di google dan mengetikan suatu keyword maka google akan menampilkan hasil pencariannya berikut dengan kalimat pertama mengandung keyword yang dicari. Sehingga semakin didepan keyword yang diletakkan maka semakin memperkuat kedudukan halaman Anda untuk ditampilkan di halaman pertama google untuk keyword tersebut

4. Beri style bold (B), underline (U) dan italic (I). 
Keyword yang muncul di awal kalimat tadi dianjurkan untuk diberikan style bold (B), underline (U) maupun italic (I). Saran ini dianjurkan oleh Mac Famous, Mac famous adalah blogger yang sudah sering menang kontes SEO dalam negeri. Dan pernah juga menang di kontes SEO skala internasional.

5. Keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) muncul lebih dari sekali. 
Dalam keseluruhan artikel diusahakan keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) muncul lebih dari sekali. Untuk memenuhi kriteria tersebut dan agar tidak merusak pemandangan pembaca, bagusnya ambil 2x saja setiap satu postingan.

6. Heading tag H1,H2 dan H3 mengandung keyword. 
Disetiap artikel diusahakan di dalamnya terdapat heading artikel H1, H2 dan H3, biasanya heading tag H1 itu sudah pasti tentu diberikan kepada Judul Artikel, namun h2 dan h3 digunakan pada sub sub judul pada artikel tersebut. Pastinya trik ini digunakan untuk artikel yang lumayan panjang pembahasannya. Silahkan mengaakali untuk artikel yang pendek.

7. Capai keyword density dalam satu postingan 3 - 5 keyword 
Keyword yang paling baik, adalah keyword yang terdapat dalam sebuah artikel. Suatu kata bisa disebut sebagai keyword ketika kata tersebut diulang lebih dari 1 kali pada artikel tersebut. Paling tidak Anda perlu mengulang keyword yang ditargetkan itu minimal 3, dan maksimal adalah 5 untuk setiap kali artikel dibuat. Dan untuk ngecek keyword density silahkan menuju keyworddensity.com. Atau anda bisa menggunakan SEO Quake untuk plugin browser Anda , yakni Chrome maupun Firefox .

8. Jumlah kata usahakan minimal 500 kata. 
Untuk search engine google,500 kata merupakan hal yang cukup dianggap penting bagi google untuk melirik postingan Anda. 500 kata ini tentunya juga bukan kata-kata yang diaduk sembarangan, tapi juga bermanfaat untuk user yang membacanya. Jika setiap postingan Anda mampu membuat minimal 500 kata, maka bukan hanya google yang dengan mudah datang terus untuk mengindex website Anda, namun orang-orang pun akan menganggap artikel Anda bermanfaat sekaligus solutif sehingga jangan heran jika orang-orang terus berdatangan untuk betah berlama-lama membaca artikel yang Anda buat.

9. Link ke trusted site. 
Usahakan salah satu kata keyword yang ingin Anda capai mengandung outbond link ke situs terpercaya, tentunya dengan bahasan yang sama. Contohnya bisa Wikipedia. Mengapa harus bahasan sama? Karena google mengeluarkan algoritma terbaru yang bila Anda tidak melink ke situs yang bahasannya sama maka situs Anda kemungkinan akan mendapatkan blacklist, atau prediket di mata google menjadi turun. Contohnya misalkan seperti ini, saya membuat artikel madu, kemudian orang datang untuk mencari informasi mengenai madu, namun dalam artikel tersebut melink ke halaman yang berisi informasi mengenai senapan angin, yang jelas pembahasan jauh berbeda. Apa yang dilakukan olah pengunjung tersebut? Akan kabur bukan? Karena tidak nyambung pembahasannya.

10. Buat internal link. 
Berikan internall link ke postingan anda yang lain, yang bahasannya itu mirip-mirip, atau kalau postingan tidak mengandung bahasan yang sama dengan keyword silahkan link ke postingan itu sendiri. Ini dimaksudkan agar google itu terus menerus berkeliling diwebsite Anda, dan mengindex halaman kalau-kalau ada halaman yang baru.

11. Keyword muncul di kalimat terakhir. 
Peletakkan keyword tidak hanya di awal paragraf dan ditengah-tengah artikel, namun juga biasanya keyword yang diberi style bold (B), underline (U) dan italic (I) itu diletakkan di paragraf akhir, di akhir kalimat. Begitulah kriteria untuk algoritma google saat ini.

12. Gambar mengandung ALT. 
Artikel yang baik itu memiliki gambar yang relevan berkaitan dengan artikel tersebut, hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan daya tarik pembaca, dan pembaca tidak melulu diperlihatkan teks semata, namun gambar mata bisa sedikit beristirahat, di google gambar juga sangat diperhitungkan, terutama pada ALT yang mengandung keyword diletakkan pada atribut gambar.

13. Meta description mengandung keyword. 
Usahakan keyword berada di awal kata meta description. Selain judul artikel, meta description pun harus memancing hasrat orang yang mencari itu untuk mengklik

14. Meta tag mengandung keyword. 
Meta tag harus mengandung keyword. Usahkan keyword yang di targetkan berada di awal kata meta tag. Bagaimana cara mengaplikasikannya akan dijelaskan dibab ini.

15. URL mengandung keyword. 
Biasanya apabila judul sudah mengandung keyword maka secara otomatis url akan sama dengan judulnya. Ini seperti fitur permalink pada wordpress.

Cara Gampang Mengubah Ukuran Lebar Template Blog

Merubah ukuran lebar template blog memang biasanya perlu, entah itu agar bisa memuat berbagai ukuran iklan atau agar terlihat rapi. Seperti yang saya alami beberapa minggu kemarin, saya juga sedikit merubah ukuran template blog ini untuk dimodifikasi.


Nah, langkah awal untuk merubah ukuran template adalah anda harus mengetahui dulu bagian-bagian atau elemen CSS yang ada di blog entee, elemen atau bagian tersebut disebut Wrapper. Sebagai contoh adalah saya menggunakan template blog saya sendiri, berikut gambarannya.



Nah, dari gambar di atas saya jelaskan dulu definisinya satu-persatu :
1.  Outer-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #outer-wrapper, #outer-wrap atau #outer. Maksudnya adalah lebar/ukuran template secara keseluruhan dimana didalam outer-wrapper ini terdapat bagian header, posting, sidebar dan footer.
 
2.    Header-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #header-wrapper, #header-wrap atau #header. Pada beberapa template bagian header ini ada juga yang terbagi dari 2 seperti pada template saya ini, maka kode CSSnya juga ada 2 seperti ini #header dan #header2. Yang membedakan posisinya adalah float right dan float left. Ukuran lebar menu navigasi yang ada dibawah atau diatas header juga biasanya sama.
 
3.   Content-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #content-wrapper, #content-wrap atau #content. Jika pada template anda tidak terdapat kode ini, berarti untuk area posting dan sidebar pengaturan CSSnya ada pada bagian /* -----   MAIN   -----  */.
      Untuk content sendiri ada 2 yaitu #main-wrapper dan #sidebar-wrapper, biasanya ini dipisahkan oleh paging dan margin, ini akan anda temui di setiap elemen .
      Kemudian cara membaca margin dan padding prinsipnya sama yaitu dari atas dan berputar searah jarum jam. Misalkan padding: 6px 8px 6px 6px;  maka yang dimaksud adalah padding-top 6px, padding-right 8px, padding-bottom 6px dan padding-left 6px. Padding adalah jarak antara teks atau image ke tepi batas elemen wrapper. Sedangkan Margin biasanya jarak antara 2 wrapper misalnya antara area posting dan sidebar dipisahkan oleh margin. 
 
4.  Main-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #main-wrapper, #main-wrap atau #main. Nah pada bagian main-wrapper inilah area posting anda berada.  
       Jika ingin merubah lebar halaman postingan saja cari kode berikut ini;

      #main-wrapper {
Dibawahnya ada kode seperti ini

width:507px;

*Ganti semua angka 507 dengan ukuran anda agar sesuai dengan lebar template yang anda rubah tadi.
 
5.   Sidebar-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #sidebar-wrapper, #sidebar-wrap atau #sidebar. Pada template tertentu sidebar terkadang juga ada lebih dari 1. Jadi boleh jadi dalam template ada beberapa kode sidebar yang ditulis secara urut seperti #sidebar-wrapper, #sidebar1-wrapper atau #sidebar1 dan #sidebar2. 
      Jika ingin merubah lebar sidebar saja cari kode berikut ini;

       #sidebar-wrapper {
Dibawahnya ada kode seperti ini

width:362px;

*Ganti semua angka 362 dengan ukuran anda agar sesuai dengan lebar template yang anda rubah tadi. 
 
6.   Footer-wrapper : pada template ditandai dengan kode CSS #footer-wrapperatau biasanya juga terdapat dibawah kode /* -----Footer Content----- */ atau /* -----Footer Wrapper----- */.  
 
Dan jika semuanya telah selesai tinggal klik simpan template.
Ingat, cara ini hanya untuk template yang custom (bukan bawaan dari blogspot.com)  
sedangkan jika kalian memakai template bawaan dari blogspot anda tinggal mengaturnya di  Template - pilih Sesuaikan.

Cara Gampang Lenyapkan Tang Dan Obeng Di Blog

Banyak pengguna blogger.com yang merasa terganggu dengan adanya icon Tang dan Obeng di blog.
Icon Obeng dan Tang
Fungsi icon tersebut sebenernya cukup bermanfaat, yaitu untuk mengedit widget-widget di blog kita tanpa harus masuk ke dasbor blog.
Selain itu icon ini hanya akan terlihat oleh pemilik blog. Pengunjung nggak akan melihat icon Tang dan Obeng ini.
Tapi bagi sobat yang tetap merasa terganggu dengan adanya icon ini dan ingin menghapusnya, maka silakan ikuti caranya di bawah ini:
#1. Masuk ke dasbor blog > klik “Template” > klik “Edit HTML
#2. Tekan CTRL+F dan cari kode ini di dalam template:
<b:include name='quickedit'/>
Jika ketemu, hapus kode tersebut.
NOTE: Jumlah kode tersebut biasanya lebih dari satu. Jika icon yang muncul ada lima, maka kodenya juga ada lima. Hapus saja semuanya.
#3. Klik “Simpan template
#4. Selesai…..
Terima kasih.

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Blog

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog -Mencari uang dengan media online (menggunakan internet) memang merupakan suatu jenis bisnis yang menjanjikan. Bukan hal yang aneh jika banyak teman-teman pelaku bisnis online khususnya para blogger yang memiliki penghasilan ratusan atau bahkan sampai ribuan dollar dari blog yang mereka miliki. Bagaimana bisa ? Mari baca artikel ini sampai habis !


Mungkin banyak dari anda yang menjadi seorang blogger dikarenakan satu hal, yaitu menghasilkan uang. Kebetulan saya sendiri adalah seorang blogger yang bertujuan membuat blog yang dapat menghasilkan uang, dalam kata lain yaitu di monetisasi. Saya akan coba memaparkan berbagai cara, mulai dari cara yang sudah pernah saya coba.
Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Sebelum kita masuk ke cara pertama, ada baiknya jika anda perhatikan beberapa syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin mencari uang melalui blog anda :

1. Pastikan blog anda sudah memiliki cukup konten/artikel
2. Selain konten, blog juga harus memiliki traffik yang cukup tinggi (lebih bagus jika traffik berasal dari mesin pencari)
3. Blog haruslah memiliki Niche(topik) yang menarik contoh : Kesehatan, kecantikan, komputer, wanita, berita, dan masih banyak lainnya.
4. Blog anda terdaftar di search engine (Google, Bing, Yahoo)
5. Memiliki peringkat Alexa yang baik.

Jika syarat-syarat di atas sudah anda penuhi, maka sekarang tinggal bagaimana kita mengelola blog kita agar dapat menghasilkan uang. Lihat cara-cara di bawah !

1. Menggunakan Layanan Iklan PPC

A. Google Adsense

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
PPC (Pay Per Click) atau CPC (Cost Per Click) adalah jenis model iklan yang prosesnya adalah anda akan dibayar ketika iklan yang anda tampilkan tersebut di klik oleh orang lain, dalam hal ini visitor blog anda.

Sejauh ini saya rasa layanan iklan PPC yang paling meyakinkan masih di pegang oleh satu nama yaitu Google Adsense. Hal tersebut dikarenakan Google Adsense memiliki level harga yang cukup tinggi untuk setiap kliknya. Kisaran klik untuk blog Indonesia bisa mencapai $0.3 - $0.5 dengan keyword tertentu.

Selain harga klik yang relatif lebih tinggi, iklan yang dimunculkan oleh Google Adsense terbilang cukup eksklusif. Banyak juga perusahaan dagang besar yang mengiklankan iklannya di Google Adsense. Itulah mengapa banyak blogger yang berminat untuk menjadi publisher mereka.

Dibalik segala kelebihannya, ternyata mendaftar Google Adsense terbilang cukup sulit. Tidak sedikit juga blogger Indonesia, termasuk saya yang pernah ditolak Google Adsense sebanyak 5 kali sampai akhirnya diterima. Banyak sekali persyaratan yang dibuat oleh mereka jika ingin menjadi publisher, yang intinya adalah sebagai berikut :
  • Blog anda haruslah memiliki cukup banyak konten/artikel
  • Artikel tidak boleh hasil copy paste (Google sangat tidak menyukai hal ini)
  • Blog anda haruslah memiliki Niche yang jelas
  • Konten artikel yang anda miliki tidak boleh mengandung unsur perjudian, pembajakan, pornografi, pelecehan SARA dan sejenisnya
Jika anda merasa sudah memenuhi kriteria tersebut, maka segera daftarkanlah blog anda ke Google Adsense dan segera terjun menjadi publisher mereka. 

B. Kliksaya (PPC Lokal)

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Selain PPC dari Google, ada juga PPC lokal yang bisa anda coba. Kebetulan saya pernah mencoba menggunakan layanan dari Kliksaya.com . Ini bisa menjadi alternatif lain bagi anda apabila anda ditolak atau belum memenuhi persyaratan untuk mengikuti PPC dari Google tersebut.

Kliksaya sendiri membuka harga klik dari kisaran Rp.300 - Rp 850 per kliknya. Metode pembayaran yang digunakan pun lebih mudah karena dapat melalui transfer bank lokal di Indonesia. Jenis iklan yang ditampilkan pun bisa berupa teks dan banner. Berikut adalah contoh bentuk iklan dari Kliksaya.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Untuk menjadi publisher dari kliksaya, anda juga harus memenuhi syarat yang ditentukan. Tidak perlu takut, karena persyaratan yang ditentukan tidak begitu sulit yaitu harus memiliki 10.000 pages view perbulannya.

C. Adsensecamp (PPC Lokal)

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Adsensecamp juga merupakan layanan PPC Lokal yang tidak jauh berbeda dari Kliksaya. Adsensecamp sendiri memiliki kantor di daerah Jalan Perintis Yogyakarta. Berbeda dengan Kliksaya, harga yang dihasilkan dari klik Adsensecamp berkisar di Rp.300 .

Untuk mendaftar layanan PPC ini tidak dibutuhkan syarat yang berat. Bahkan saya pernah mencoba mendaftarkan sebuah blog baru dan berhasil di terima sebagai publisher mereka.

2. Menjalankan Program Affiliate

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Sebelum kita berbicara lebih jauh biarkan saya memaparkan terlebih dahulu apa itu Affiliate. Affiliate adalah salah satu model bisnis online yang aktifitas bisnisnya adalah menjadi seperti perantara atau makelar. Sebenarnya model seperti ini sudah ada di dunia offline, tapi hanya metode nya saja yang di buat online. Sehingga namanya berubah menjadi Affiliate.

Contoh mudahnya begini. Ada sebuah toko online besar yang menjual berbagai jenis produk. Mereka menerapkan model Affiliate untuk pada blogger yang bersedia menjadi publisher. Kebetulan saya menjadi publisher mereka dan saya menayangkan iklan mereka di blog saya.

Mereka tidak membayar sepeserpun, walaupun iklan sudah saya pasang di blog saya.. Tapi saya baru akan di bayar jika ada pengunjung dari blog saya yang mengklik iklan tersebut dan kemudian MEMBELI produk mereka. Sengaja saya beri huruf kapital. Kata kunci disini adalah MEMBELI, jadi para pengunjung yang mengklik iklan yang anda pasang harus MEMBELI produk mereka dahulu baru kemudian anda di bayar

Pembayaran dalam model Affiliate sering diseut sebagai komisi. Komisi biasanya berkisar dari 8%-20% dari harga jual produk tersebut. Ini bisa jadi lebih menguntungkan daripada model PPC jika harga produk tersebut semakin mahal. Tapi pastinya itu juga akan menambah kesulitan anda.

Jika anda tertarik mengikuti program Affiliate ini, saya punya beberapa nama di bawah ini :

3. Membuka Lapak Pemasangan Banner

Saya rasa cara ini cukup banyak di lakukan oleh teman-teman blogger. Jika model PPC dan Affiliate menggunakan pihak ketiga sebagai perantara, maka dengan model ini kita sendiri yang mengatur mulai dari peletakan iklan banner hingga masalah pembayaran.

Tapi untuk dapat menerapkan metode ini di blog, blog anda haruslah memiliki nilai jual terlebih dahulu. Bagaimana anda mengetahuinya ? Cara paling gampangnya cukup lihat dari jumlah visitor anda perhari dan ranking Alexa yang anda miliki. Jika menurut anda sudah mencukupi maka anda bisa memasang lapak banner.. Contoh seperti ini : 

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Misal saja, untuk ukuran iklan baner 125 X 125 anda menyediakan 5 buah tempat dengan dikenakan biaya sebesar Rp.50.000 sebulan. Lalu anda juga membuat iklan dengan ukuran 720 X 60 dengan biaya Rp.200.000 perbulan dan yang terakhir iklan ukuran 330 X 280 sebanyak 4 buah dengan biaya Rp. 100.000 per bulannya. Bila dikalkulasikan maka dalam satu bulan anda akan mendapat Rp.850.000. 

Harga tersebut dapat menjadi lebih mahal diikuti dengan perkembangan pengunjung blog anda. Jadi anda bisa mendapatkan penghasilan maksimal dari model ini.

Saya rasa cara-cara di atas masih sedikit dari berbagai cara yang digunakan oleh rekan-rekan blogger sekalian dalam memonetisasi blognya. Jadi apabila anda memiliki cara lain yang menurut anda lebih efektif, anda bisa share di kolom komentar.. Terima kasih telah membaca artikel Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.

Follow by Email